In dosen Guru ITB Personal

Bagaimana rasanya mengajar mahasiswa?

Pekerjaan ini adalah pekerjaan pertama semenjak lulus. Artinya udah agak lama juga dari terakhir saya kerja. Lalu, bagaimana rasanya kembali bekerja? Terutama mengajar mahasiswa?

Sebulan pertama saya mengajar..rasanya begitu stres. Saya terlalu serius, saat itu. Jadi ketika ada siswa yang ga paham-paham juga padahal saya udah berusaha sebaik mungkin menjelaskan, saya jadi down. Terus ketika ada siswa yang mengundurkan diri dari program juga saya down. Ketika ada pertanyaan yang tidak bisa saya jawab, saya juga down. Hahaha. Sensitif amat yah saya dulu. Tapi setelah bulan ke-2, saya mulai kalem. Saya berusaha mencari cara termudah untuk mereka pahami. Ketika ada yang menyerah...maka saya menganggap itu sebagai tanggung jawab mereka sendiri sebagai seorang dewasa. 

Saya tidak terlalu keras lagi pada diri saya. Ketika saya memang tidak ingat jawaban pertanyaannya..ya saya bilang tidak ingat. Dulu saya akan merasa gagal kalau tidak bisa menjawab pertanyaan atau salah menerangkan pada siswa. Padahal...saya juga hanya manusia. Tidak sempurna dan tidak selalu ingat. 

Saya senang mengajar mahasiswa. Walau kadang pertanyaan mereka sering merepotkan. Hahaha. Oke, pada dasarnya...saya senang mengajar. Alasan tersebut sudah lebih dari cukup. 

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Post

Alam

Saya adalah seorang petualang. Dengan tubuh dan kaki yang kecil ini selalu mencoba menjelajahi setiap pelosok dunia.  Keindahan a...