In Personal

Interview with myself

Bukannya sok ngartis, sampai bikin wawancara dengan diri sendiri segala, tapi sering banyak pertanyaan dari teman-teman yang berulang, sampai-sampai saya merasa harus membuat template untuk segala pertanyaan. Biar kalau ada yang nanya tinggal di-copas, gitu..hihi. Karena itulah terciptalah ide ini. Wawancara dengan diri saya sendiri! Sekalian latihan, kan, siapa tau suatu hari nanti saya beneran jadi terkenal dan diwawancarai oleh orang lain. Hihi. Enjoy!

Q: Hai Tiara, sebelumnya mari kita buka wawancara ini dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang sudah mendahului kita. Mengheningkan cipta dimulai.
A: *nunduk sambil merem* *ngantuk soalnya*

Q: selesai
A: *buka mata dan menengadahkan kepala*

Q: Oke, biar yang baca ga protes dan langsung nutup tab web page blog ini, langsung aja deh ya... kamu di  Jepang ngapain sih?
A: belajar bahasa Jepang.

Q: Loh, belajar bahasa Jepang? Bukannya kamu udah lulus S2 bahasa Jepang ya?
A: Iya sih, tapi saya merasa kemampuan saya masih kurang, makanya ke sini buat sekolah bahasa lagi. 

Q: Kalau gitu, kenapa ga ambil S3 aja?
A: Karena target yang mau saya raih adalah kemampuan aplikatif, bukan teoritis.

Q: Tapi ada keinginan untuk ambil S3 ga?
A: *lirik kiri kanan, takut ada pembimbing tesis yang baca* ada sih...

Q: Kok sambil larak-lirik gitu?
A: Takut ketauan pembimbing ama penguji tesis, soalnya saya belum ngerjain revisi tesis, juga belum punya artikel yang diterbitkan dalam jurnal nasional atau internasional yang dulu merupakan prasyarat di kampus. Takutnya dibilang “ni anak revisi ama jurnal aja belum udah berani ngomong pengen s3 segala”.

Q: Tapi keinginan mah boleh dong yah...ga salah kok. Mau di Jepang juga S3 nya?
A: Uuum, awalnya sebelum ke sini, di sini niatnya pengen liat peluang s3 juga, sampai segala berkas udah dibawa loh. Tapi sekarang setelah hidup di sini, kayaknya saya ga mau ah s3 di sini.

Q: Loh terus maunya dimana? Bukannya S1 sama S2 nya udah bahasa Jepang ya?
A: Dari dulu sebetulnya lebih tertarik ke budayanya kalau Jepang tuh...walau inipun masuk sastra Jepang karena kejeblos. Hihi. Kalau untuk s3, kayaknya sekarang saya lebih prefer di Inggris. Mudah-mudahan suatu saat nanti terwujud impiannya. Aamiin.

Q: Aamiin. Kenapa di Inggris? Terus kalau di Inggris, mau ambil jurusan apa dong?
A: Pas S2, tesis saya terjerumus ke linguistik. Eh, emang jurusannya linguistik sih. Hehe. Tapi maksudnya, saya terjerumus ke teori yang saya tidak pahami. Kebetulan ternyata si sumber teori yang ‘harus’ saya gunakan dalam analisis adalah teori dari seorang ahli linguistik berkebangsaan Inggris. Karena itu saya ingin mendalami pemahaman teori saya di sumbernya langsung. Selain itu juga, memang banyaknya ahli linguistik itu dari Inggris. Jadi ya...klop lah.

Q: Hmm... I see.. Jadi sekarang targetnya S3 di Inggris nih?
A: Hehehe...itu sih...impian aja. Faktanya sampai sekarang belum ada usaha ke arah situ.

Q: Loh? Hahaha. Jadi kenapa belum ada usaha ke arah situ?
A: Uuum...saya pengennya, S3 mah ya beasiswa atuh lah ya...cape ngeluarin biaya melulu. Tapi ya sekarang satu persatu aja dulu. Selesaikan program di sini aja dulu. Kadang di otak saya terlalu banyak yang dipikirin, malah jadi mumet sendiri. Hehehe. Malah jadi cape sendiri. Stres sendiri. Hehehe.

Q: Jadi sekarang rencananya apa?
A: Selesai sekolah, pulang ke Indonesia. Lalu mengerjakan apapun yang datang ke hidup saya dengan sebaik yang saya bisa.

Q: Kenapa pulang ke Indonesia? Gak ke negara lain aja, gitu? Terus mau ngapain?
A: First, I miss Indonesia. Second, saya bilang saya akan melakukan apapun yang datang ke hidup saya dengan sebaik mungkin. Jadi kalau tiba-tiba saya dapet kerjaan di luar Indonesia, ya saya akan menjalani itu dengan semampu saya. Begitupun jika seandainya kembali di Indonesia saya ditakdirkan harus stay di Indonesia menjadi istri dan ibu. Ya akan saya jalani sebaik yang saya bisa. Semua masih bumi-nya Allah kok.

Q: Oh iya, udah berapa lama di Jepang?
A: 9 bulan.

Q: Betah?
A: Ya harus dibetah-betahin. Hihi. Namanya juga kehidupan. Kadang saya betah sampai ga mau pulang. Kadang ga betah sampe rasanya kalo Jepang-Indonesia itu sama jaraknya kayak Jakarta-Bandung udah pengen langsung angkat ransel ke pool travel terdekat, beli tiket dan pergi di jadwal tercepat aja. Tapi saya kan HARUS menjalani ini sampai selesai. Karena saya ga suka ninggalin sesuatu setengah jalan. Pokoknya HARUS sampai kelar. Karena didikan mama sejak kecil, ngerjain apa-apa ga boleh setengah-setengah.

Q: Jadi kadang ga mau pulang nih?
A: Hahaha. Udah fix kok, saya akan pulang. Saya udah ga punya keinginan untuk menghabiskan sisa hidup saya di Jepang. Kecuali jika takdir Tuhan berkata lain.

Q: Apa yang bikin ga betah di Jepang?
A: Kehidupannya monoton. Sekolah-kerja-sekolah-kerja. Mau maen aja ga ada waktu. Kalaupun maen, ya tempatnya itu-itu juga. Bosen. Lagian kangen toko buku yang isi bukunya hurufnya ga keriting. Kangen rempah-rempah Indonesia juga. Kangen juga ama keponya orang Indonesia yang kadang sok kenal sok dekat dan bikin bete. Hehehe. Di sini orangnya pada suka nanya dan pengen tau, tapi giliran ditanya balik suka ga mau jawab. Kalau orang Indonesia kan suka dengan senang hati gitu nyeritain diri sendiri. Hihi. 

Q: Yang bikin betah apa?
A: Kotanya bersih, rapi, banyak bunga, pemadangannya indah, gajinya lumayan, orang-orangnya juga alhamdulillah ga rasis.

Q: Oh, ga rasis ya?
A: Alhamdulillah ngga. Paling sering diliatin aja, udah biasa itu mah. Maklum, bukan kota metropolitan. Kalo di metropolitan mah mau jumpalitan juga orang cuek aja. Hihi.

Q: Soal makanan susah ngga?
A: Restoran halal ya ngga ada di sini. Tapi ayam mentah yang halal mah ada. Sebetulnya saya sendiri lebih suka sayur, tapi demi menjaga keseimbangan makanan, ya makan seafood ama ayam juga. Daging sapi mahal. Hehehe.

Q: Pernah makan babi dan minum alkohol ga?
A: Ga sengaja kemakan, pernah. Sengaja makan, ngga. Dan insya allah ngga akan pernah. Alkohol sejauh yang saya sadari, ngga pernah.

Q: Pernah tergoda ga buat nyoba?
A: Melintas di pikiran, pernah. Tapi ga berani.

Q: Kenapa ga berani?
A: Takut mati sebelum tobat.

Q: Pernah kesepian ngga?
A: Kalau secara sadar, ngga pernah. Jenuh, sering.

Q: Kamu kan dihijab ya, selama di Jepang pernah dibuka atau kepikiran buat dibuka ga? Kenapa?
A: Sering. Kalau mandi, kalau di kamar sendirian, kalau di kamar sama temen cewe (yang notabene dia anak Indonesia juga). Hahaha. Ngga-ngga. Soalnya dulu juga saya pake atas keinginan dan kesadaran sendiri. Terus setelah saya pakai karena kesadaran saya sendiri, masa mau saya lepas dengan mudah? Lagian...di sini berasa telanjang, gitu, kalau buka kerudung di hadapan orang lain tuh. Padahal pas di Indonesia sih, ga se-strict itu loh. Kalau ke warung tetangga ya ga dipake kerudungnya. Tapi ga tau tuh bawaan tinggal di sini tuh malah gitu.

Q: Jadi, sekarang, suka Indonesia nih daripada Jepang?
A: Lha dari dulu juga saya ga pernah bilang lebih suka Jepang. Hahaha. Saya kan masuk jurusan bahasa Jepang karena kejeblos SMPB, bukan karena suka. Untuk bertahan di jurusan bahasa Jepang saya sampai berusaha untuk mencari sisi yang saya sukai dan minati dari Jepang. Kalau sekarang saya sampai kuliah s2 juga bahasa Jepang, belajar bahasa sampai ke Jepang, itu bentuk dedikasi saya aja sama jalan yang udah saya pilih. Juga karena merasa kok saya ini bodoh amat, ga ngerti-ngerti aja, jadi saya kejar terus ilmunya. Dulu malah saya sering bilang suka banget sama Bandung, dan bahkan kalau bisa pengen terus tinggal dan meninggal juga di Bandung. Hehe.

Q: Apa yang disuka dari Indonesia? Kenapa?
A: Semua, bahkan kesemrawutannya. Di sini terlalu rapi malah monoton.

Q: Ada yang ga disuka dari Indonesia? Apa?
A: Ya ada lah, kesemrawutannya juga. Kesemrawutan sistem, dsb. Menurut saya, semua idealnya yang pas aja. Jangan terlalu semrawut, jangan terlalu rapi. Indonesia bukan pada tingkat semrawut parah sih. Tapi yang pasti ga rapi dan untuk menjadi rapi itu butuh usaha keras dari semua pihak. Ga cuma dari pemerintah aja. Tapi dari semua unsur dalam negara.

Q: Oh iya, kegiatannya apa aja selain sekolah?
A: Alhamdulillah, saya jadi murid sekaligus guru di sekolah yang sama. Jadi gurunya sih ga banyak yang tau ya. Soalnya saya ngasi private lesson pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu saya part time di laundry. Ngurusin baju seragam rumah sakit. Hehehe. 

Q: Hoo. Gimana rasanya kerja di sana? Gajinya gede dong? 
A: Kerja dimana-mana sih saya rasa sama aja ya. Pasti ada jenuh-jenuhnya juga. Ada senengnya juga. Saya pada dasarnya memang senang mengajar, jadi happy banget pas dapet job ngajar. Kalau di laundry, ya berusaha mengikuti ritme kerja dan gaya kerja orang sini yang terkenal gila kerja dan berdedikasi. Walau kayaknya sih masih jauh lah dari mereka. Pelajar asing di sini banyak yang kerja abis-abisan di beberapa tempat sekaligus, gajinya besar-besar, tapi karena badan saya lemah, saya ga bisa seperti mereka. Soal gaji, alhamdulillah walau saya cuma kerja di tempat yang gitu, ga kerja banyak juga, tapi cukup untuk hidup. 

Q: Oke, ini pertanyaan yang nyebelin nih, kapan mau punya anaknya?
A: Ahahaha. Ga nyebelin kok, cuma malesin. Hihi. Kok tiba-tiba ke situ pertanyaannya sih. Kapan punya anak?  Ketika Allah menghendaki.

Q: Ga pengen punya anak?
A: Pengen. Tapi semua itu hanya akan terjadi atas kehendak Allah. Jodo, pati, bagja, cilaka, semua dari Allah. Buktinya...ada yang nikah sampai bertahun-tahun, belum dikaruniai anak aja. Eh ada yang sekali senggol jadi (terlepas si pasangan ini udah nikah atau belum..pengen punya anak atau ngga). Ada yang pacaran bertahun-tahun, nikahnya sama yang baru dikenal. Ada yang sekeluarga mati dibunuh, eh bayinya malah selamat ( harry potter dong yah itu mah).


to be continue....

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Post

Alam

Saya adalah seorang petualang. Dengan tubuh dan kaki yang kecil ini selalu mencoba menjelajahi setiap pelosok dunia.  Keindahan a...