In Daily life Japan natto Seikatsu

Natto... hate it or love it?

Kenal yang namanya natto? Atau minimal pernah dengar? Natto ini bagi anak jurusan bahasa Jepang ataupun penggemar Jepang merupakan makanan yang legendaris. Legendaris karena... konon katanya bau dan rasanya ga enak banget! Hehehehe. Saya dulu pernah penasaran sama si natto ini. Tapi karena seorang teman bilang 'gue beliin deh, tapi harus lo abisin ya..' nyali saya jadi ciut. Hehe.
Setelah tiba di Jepang saya ga ingat sama sekali sama si natto. Sampai di hari pertama sekolah... seorang guru, Tanaka Sensei bilang kalau natto itu enak! (dan kata-kata sensei ini dibantah habis-habisan oleh beberapa orang siswa..hahaha). Setelah itu terlupakan lagilah si natto. Setiap belanjapun gak pernah ingat buat nyari benda bernama natto ini.

Kemudian sampailah kita pada kisah hari ini. Hari ini saya dan anak-anak Indonesia lainnya jalan-jalan (baca: belanja) dengan dipandu oleh orang tuanya Rosi. Ketika makan, saya ditanya...apa saya bisa makan makanan Jepang? Saya jawab bisa (doyan malah...hihi). Terus ditanya lagi..bisa makan semua makanan Jepang? Kemudian... (backsound lagu romantis mulai mengalun) teringatlah saya pada sang natto yang sempat beberapa kali terlupakan. Jadi saya bilang, kalau natto saya ga tau bisa makan atau ngga, soalnya belum pernah. Walhasil...saya dikasi natto buat dicoba di apato!

Ok... berikut ini testimoni pencicipan natto pertama kalinya sodara-sodara!
1. Begitu di buka...konon katanya natto baunya busuk banget. Tapi menurut hidung saya sih ngga. Malah ada bau-bau mirip kopinya sedikit, imo.
2. Saya cicip sedikit natto tanpa apapun. Alias sono mama. Rasanya... agak berlendir kayak makanan basi...agak pait. Tapi ga ada rasa dan bau asam. Sesuap...masih dirasa-rasa. Suapan kedua...mulai mikir 'I think I can eat this'. Suapan ketiga...keterusan...hahaha.
3. Saya masukin tare-nya, terus diaduk. Rasanya jadi makin enak.
4. Natto nya saya campur sedikit ke kimchi.. karena konon buat 'beginner' bisa nyicip natto pake kimchi. Kesan pas dimakan: あたしの口に似合ってない! Mereka tidak berjodoh..huhuhu. Jalan hidup mereka tak searah. Lebih baik mereka dimakan masing-masing (lagian entah kenapa menurut saya juga kimchi yang saya beli kurang pedas dan kurang bawang).
5. Mustardnya kemudian dimasukkan ke sisa nattonya. Hasilnya....jengjreeeeng.... saya doyan saudara-saudara! Hahahahaha.

Makasih buat mama dan お父さんnya Rosi...setelah bertahun-tahun lamanya...ternyata saya dan natto berjodoh.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Post

Alam

Saya adalah seorang petualang. Dengan tubuh dan kaki yang kecil ini selalu mencoba menjelajahi setiap pelosok dunia.  Keindahan a...