In

[Personal] Wisuda itu mahal, jendral!

Sidang udah... selanjutnya...wisuda. Satu hal yang saya inginkan dari wisuda adalah... berfoto. Hahaha. Sebelum wisuda, proses pengurusan sidang dan lain lain sangat menguras..segalanya. Menguras biaya, tenaga, waktu, dan terutama pikiran. Selama penyusunan tesis aja saya habis sampai 3 rim kertas..itu baru kertasnya aja. Belum tinta dan lain lainnya. Selepas sidang lalu apa itu semua selesai? Ooh tentu beluuum. Masih ada satu kegiatan puncak yang (lagi-lagi) akan menguras biaya: wisuda!

Wisuda itu mahal loh...terutama kalau kamu perempuan, dan kamu belum pernah wisuda sebelumnya. Maksud saya di sini, kalau kamu belum pernah wisuda artinya kemungkinan besar kamu ga punya kebaya, selop, plus baik kamu maupun orang tua pengen momen wisuda ini sebagai suatu momen istimewa *yes anak gue lulus...begitu mungkin kata orang tuamu*. Ayo kita hitung secara kasar biaya wisuda!

Tetek bengek wisuda

  • Pakaian
    • Jilbab/hiasan rambut  Rp.    50.000
    • Kebaya                       Rp.   250.000
    • Selop                          Rp.   150.000
  • Wajah
    • Make up                     Rp.   150.000
  • Keluarga
    • Penginapan                 Rp.   250.000
    • Kendaraan                  Rp.   250.000      
    • Foto keluarga             Rp.   150.000         
  • Syukuran                              Rp.   350.000
                           Total                     Rp.1.600.000

Ituuuu... itungan minimal biaya dengan catatan kamu dari luar kota sehingga membutuhkan penginapan yah. Biaya make up juga udah saya masukkan yang paling murah. Mahal yah...untuk kegiatan yang cuma berlangsung selama 2 jam. 

Biaya-biaya di atas tentunya bersifat fleksibel, artinya..bisa lebih murah ataupun bisa lebih mahal.

Oke, sekarang mari masuk ke bagian yang lebih personal... my own graduation ceremony actual cost. Hehehe.

1. Bayar wisuda Rp. 400.000
2. Kebaya           Rp. 500.000
3. Kerudung       Rp. 100.000

That's it! Oke...sama bensin kali ya... plus sewa sopir. Hehe.

Mari kita rinci satu persatu.
1. Bayar wisuda.
Untuk anak s1 di kampusku, biaya wisuda udah gratis, sayangnya belum gratis untuk pascasarjana. Kebetulan saya bayar langsung ke bank, jadi kena Rp.400.000. setau saya, kalau bayar lewat kampus malah jadi Rp.500.000.

2. Kebaya.
Untuk yang satu ini, saya ga mau nyewa. Makanya jadi beli bahan terus jahit sendiri. Kebetulan karena pengen wisuda kali ini lebih istimewa, beli bahan kebayanya juga yang agak mahal sedikit. Sedikit..iya, sedikiiiit aja.

3. Kerudung
Yang ini dasar saya keganjenan, ga nemu kerudung yang dimau, akhirnya jadi beli bahan.

Seperti yang dilihat, ga ada biaya make up. Kenapa? karena saya dandan sendiri! Awalnya saya pengen pake jasa MUA, sayangnya ternyata MUA nya full booked untuk hari itu. Ya udah deh, berbekal perlengkapan make up yang dipunya plus tutorial dari youtube, saya dandan sendiri. Pas latihan sih udah oke, eeeh, pas hari H malah agak belepotan..huwahahaha. Tapi ya yang sudah berlalu biarlah berlalu ya.

Alhamdulillah semua sudah berlalu..



Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Post

Alam

Saya adalah seorang petualang. Dengan tubuh dan kaki yang kecil ini selalu mencoba menjelajahi setiap pelosok dunia.  Keindahan a...